Social Icons

Jumat, 04 Januari 2013

Tanda- Tanda Anak Autis Sesuai Perkembangannya


Pada usia 6 bulan sampai 2 tahun anak tidak mau dipeluk atau menjadi tegang bila diangkat ,cuek menghadapi orangtuanya, tidak bersemangat dalam permainan sederhana (ciluk baa atau kiss bye), anak tidak berupaya menggunakan kat-kata. Orang tua perlu waspada bila anak tidak tertarik pada boneka atau binatan gmainan untuk bayi, menolak makanan keras atau tidak mau mengunyah, apabila anak terlihat tertarik pada kedua tangannya sendiri.
Pada usia 2-3 tahun dengan gejal suka mencium atau menjilati benda-benda, disertai kontak mata yang terbatas, menganggap orang lain sebagai benda atau alat, menolak untuk dipeluk, menjadi tegang atau sebaliknya tubuh menjadi lemas, serta relatif cuek menghadapi kedua orang tuanya. 
Pada usia 4-5 tahun ditandai dengan keluhan orang tua bahwa anak merasa sangat terganggu bila terjadi rutin pada kegiatan sehari-hari. Bila anak akhirnya mau berbicara, tidak jarang bersifat ecolalia (mengulang-ulang apa yang diucapkan orang lain segera atau setelah beberapa lama), dan anak tidak jarang menunjukkan nada suara yang aneh, (biasanya bernada tinggi dan monoton), kontak mata terbatas (walaupun dapat diperbaiki), tantrum dan agresi berkelanjutan tetapi bisa juga berkurang, melukai dan merangsang diri sendiri.
Perbedaan Anak Autistik dengan Skizofrenia :
§  Anak-anak penderita autisme jarang memiliki silsilah keluarga yang pernah menderitaschizophrenia, tetapi mereka dengan schizophrenia kadang mempunya silsilah keluargadengan schizophrenia.
§  Anak-anak penderita autisme jarang menunjukkan kurangnya perkembangan intelektual,tetapi hal ini tidak terjadi pada anak-anak dengan schizophrenia.
§  Anak-anak dengan autism mempunyai kemampuan berbicara yang terbatas, sedangananak-anak dengan schizophrenia mampu berbicara secara normal tetapi mengkomunikasikan ide-ide yang sangat aneh.
§  Autism terlihat jelas hampir sejak kelahiran si anak, sedangkan schizophrenia berkembang kemudian.
§ Anak-anak dengan autisme tidak memperlihatkan respon positif terhadang obat-obatneuroleptik, sedangkan sebagian besar mereka dengan schizophrenia menunjukkan responyang berbeda. Karena berbagai perbedaan tersebut maka tidak dapat mengasumsikan bahwa penyebab dan cara mengobati salah satu dari kedua kelainan tersebut dapat diaplikasikan pada salah satu yang lain


Sabtu, 22 Desember 2012

Happy Mother's Day

Hari ini tetaplah spesial dari hari kemarin dan seterusnya, karena selalu mendapatkan keridhoanmu, mama..
Percuma hidup, jika tidak mendapatkan keridhoanmu...
Kasih sayangmu, mama yang begitu tulus tanpa diungkapkan aku juga merasakannya..
Layaknya angin yang berhembus, begitulah kasih sayangmu mama, selalu ada..
Ya, aku merasakannya, mama.....
Dan tak kuasa rasanya ketika menetes air matamu, meski bukan menangisiku..
Seandaikan saja aku bisa berada terus disampingmu, mama... Aku akan menjagamu, membalas sedikit demi sedikit semua kasih sayangmu, walau itu tidak mungkin...

Mama adalah segalanya bagiku, sebagai teman, sebagai figur yang kuat dan tangguh, sebagai peri yang selalu sayang dan mengawasi anaknya, sebagai jalan menuju-Nya dengan mudah..
Mama, meski semenjak SMP aku sekolah jauh darimu, tetapi pancaran kasih sayangmu, perhatianmu, semua ketulusanmu bisa dirasakan olehku...

Andaikan aku bisa memelukmu sekarang mama,.
Ingin ku bersujud di kakimu, ingin kupeluk tubuhmu yang tidak sekuat dulu, ingin kucium pipimu dan kubisikkan di telingamu kata-kata maaf atas kesalahanku dan kata terima kasih karena selalu kau menyayangiku, mama...

Ketika kuberkata "Do'akan aku mama, aku mau uas, aku mau ini, mau itu..." dengan lembut, mama menjawab "Iya, Tiap hari mama do'akan anak-anak mama".
Begitulah mama, yang selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya...
Meski aku masih berkegantungan sama mama, tetapi aku akan memberikan yang terbaik semampu yang kubisa untuk membahagiakan mama.

Pernah suatu ketika kubelikan baju, dompet, jilbab sebagai oleh-oleh mama, papa dan adik. Namun apa jawaban mama? "Mama tidak perlu ini, cukup melihat kamu sukses dan berprestasi saja itu kebahagiaan mama". Langsung tak kuat mendengarkannya, ternyata mama adalah seorang yang ingin selalu membahagiakan orang yang dicintainya. Dan pernah kuingat kata-kata ketika pergi ke Mall untuk berbelanja baju, kutanyakan mama untuk membeli sebuah baju atau jilbab atau gamis. Tetapi lagi-lagi aku diberi pelajaran oleh mama "Mama tidak perlu baju, buat mama membelikan baju untuk anak-anak dan bahagia itu udah membahagiakan mama, yang penting anak mama senang".

Inilah sesosok mamaku, mama yang benar-benar tulus mencintaiku, adikku dan papaku...
Usaha yang mama bangun selama ini juga tidak sia-sia, karena mama selalu mengedepankan kepentingan anak-anaknya..
Sebagai ganti ketidakhadiranku selama bertahun-tahun karena menuntut ilmu, aku berusaha untuk mengingatkan mama untuk makan, istirahat, dan sholat...
Dan, tidak lupa pula sebelum ujian atau apapun, aku berusaha untuk meminta keridhoan mama agar dipermudah selama prosesnya.

I LOVE YOU, MAMA...
YOU'RE MY EVERYTHING...

SELAMAT HARI IBU....

Rabu, 05 September 2012

Macam-Macam Teori Motivasi

Motivasi merupakan satu penggerak dari dalam hati seseorang untuk melakukan atau mencapai sesuatu tujuan. Motivasi juga bisa dikatakan sebagai rencana atau keinginan untuk menuju kesuksesan dan menghindari kegagalan hidup. Dengan kata lain motivasi adalah sebuah proses untuk tercapainya suatu tujuan. Seseorang yang mempunyai motivasi berarti ia telah mempunyai kekuatan untuk memperoleh kesuksesan dalam kehidupan..
Motivasi dapat berupa motivasi intrinsic dan ekstrinsic. Motivasi yang bersifat intinsik adalah manakala sifat pekerjaan itu sendiri yang membuat seorang termotivasi, orang tersebut mendapat kepuasan dengan melakukan pekerjaan tersebut bukan karena rangsangan lain seperti status ataupun uang atau bisa juga dikatakan seorang melakukan hobbynya. Sedangkan motivasi ekstrinsik adalah manakala elemen elemen diluar pekerjaan yang melekat di pekerjaan tersebut menjadi faktor utama yang membuat seorang termotivasi seperti status ataupun kompensasi.
Banyak teori motivasi yang dikemukakan oleh para ahli yang dimaksudkan untuk memberikan uraian yang menuju pada apa sebenarnya manusia dan manusia akan dapat menjadi seperti apa. Landy dan Becker membuat pengelompokan pendekatan teori motivasi ini menjadi 5 kategori yaitu teori kebutuhan,teori penguatan,teori keadilan,teori harapan,teori penetapan sasaran.

A. TEORI MOTIVASI ABRAHAM MASLOW (1943-1970)

Abraham Maslow (1943;1970) mengemukakan bahwa pada dasarnya semua manusia memiliki kebutuhan pokok. Ia menunjukkannya dalam 5 tingkatan yang berbentuk piramid, orang memulai dorongan dari tingkatan terbawah. Lima tingkat kebutuhan itu dikenal dengan sebutan Hirarki Kebutuhan Maslow, dimulai dari kebutuhan biologis dasar sampai motif psikologis yang lebih kompleks; yang hanya akan penting setelah kebutuhan dasar terpenuhi. Kebutuhan pada suatu peringkat paling tidak harus terpenuhi sebagian sebelum kebutuhan pada peringkat berikutnya menjadi penentu tindakan yang penting.



• Kebutuhan fisiologis (rasa lapar, rasa haus, dan sebagainya)
• Kebutuhan rasa aman (merasa aman dan terlindung, jauh dari bahaya)
• Kebutuhan akan rasa cinta dan rasa memiliki (berafiliasi dengan orang lain, diterima, memiliki)
• Kebutuhan akan penghargaan (berprestasi, berkompetensi, dan mendapatkan dukungan serta pengakuan)
• Kebutuhan aktualisasi diri (kebutuhan kognitif: mengetahui, memahami, dan menjelajahi; kebutuhan estetik: keserasian, keteraturan, dan keindahan; kebutuhan aktualisasi diri: mendapatkan kepuasan diri dan menyadari potensinya)
Bila makanan dan rasa aman sulit diperoleh, pemenuhan kebutuhan tersebut akan mendominasi tindakan seseorang dan motif-motif yang lebih tinggi akan menjadi kurang signifikan. Orang hanya akan mempunyai waktu dan energi untuk menekuni minat estetika dan intelektual, jika kebutuhan dasarnya sudah dapat dipenuhi dengan mudah. Karya seni dan karya ilmiah tidak akan tumbuh subur dalam masyarakat yang anggotanya masih harus bersusah payah mencari makan, perlindungan, dan rasa aman.

B. TEORI MOTIVASI HERZBERG (1966)
Menurut Herzberg (1966), ada dua jenis faktor yang mendorong seseorang untuk berusaha mencapai kepuasan dan menjauhkan diri dari ketidakpuasan. Dua faktor itu disebutnya faktorhigiene (faktor ekstrinsik) dan faktor motivator (faktor intrinsik). Faktor higiene memotivasi seseorang untuk keluar dari ketidakpuasan, termasuk didalamnya adalah hubungan antar manusia, imbalan, kondisi lingkungan, dan sebagainya (faktor ekstrinsik), sedangkan faktor motivator memotivasi seseorang untuk berusaha mencapai kepuasan, yang termasuk didalamnya adalah achievement, pengakuan, kemajuan tingkat kehidupan, dsb (faktor intrinsik).

C. TEORI MOTIVASI DOUGLAS McGREGOR
Mengemukakan dua pandangan manusia yaitu teori X (negative) dan teori y (positif), Menurut teori x empat pengandaian yag dipegang manajer
a.       karyawan secara inheren tertanam dalam dirinya tidak menyukai kerja
b.      karyawan tidak menyukai kerja mereka harus diawasi atau diancam dengan hukuman untuk mencapai tujuan.
c.       Karyawan akan menghindari tanggung jawab.
d.      Kebanyakan karyawan menaruh keamanan diatas semua factor yang dikaitkan dengan kerja.

Kontras dengan pandangan negative ini mengenai kodrat manusia ada empat teori Y :
  1. karyawan dapat memandang kerjasama dengan sewajarnya seperti istirahat dan bermain.
  2. Orang akan menjalankan pengarahan diri dan pengawasan diri jika mereka komit pada sasaran.
  3. Rata rata orang akan menerima tanggung jawab.
  4. Kemampuan untuk mengambil keputusan inovatif.

D. TEORI MOTIVASI VROOM (1964)
Teori dari Vroom (1964) tentang cognitive theory of motivation menjelaskan mengapa seseorang tidak akan melakukan sesuatu yang ia yakini ia tidak dapat melakukannya, sekalipun hasil dari pekerjaan itu sangat dapat ia inginkan. Menurut Vroom, tinggi rendahnya motivasi seseorang ditentukan oleh tiga komponen, yaitu:
• Ekspektasi (harapan) keberhasilan pada suatu tugas
• Instrumentalis, yaitu penilaian tentang apa yang akan terjadi jika berhasil dalam melakukan suatu tugas (keberhasilan tugas untuk mendapatkan outcome tertentu).
• Valensi, yaitu respon terhadap outcome seperti perasaan posistif, netral, atau negatif.Motivasi tinggi jika usaha menghasilkan sesuatu yang melebihi harapanMotivasi rendah jika usahanya menghasilkan kurang dari yang diharapkan

E. Achievement TheoryTeori achievement Mc Clelland (1961),
 yang dikemukakan oleh Mc Clelland (1961), menyatakan bahwa ada tiga hal penting yang menjadi kebutuhan manusia, yaitu:
• Need for achievement (kebutuhan akan prestasi)
• Need for afiliation (kebutuhan akan hubungan sosial/hampir sama dengan soscialneed-nya Maslow)
• Need for Power (dorongan untuk mengatur)

F. Clayton Alderfer ERG
 Clayton Alderfer mengetengahkan teori motivasi ERG yang didasarkan pada kebutuhan manusia akan keberadaan (exsistence), hubungan (relatedness), dan pertumbuhan (growth). Teori ini sedikit berbeda dengan teori maslow. Disini Alfeder mngemukakan bahwa jika kebutuhan yang lebih tinggi tidak atau belum dapat dipenuhi maka manusia akan kembali pada gerakk yang fleksibel dari pemenuhan kebutuhan dari waktu kewaktu dan dari situasi ke situasi.
 
Blogger Templates